Cegah Dekadensi Moral Generasi Muda, Laznas Dewan Dakwah KPZ Kediri Wakafkan Media Edukasi Islam ke Sekolah

Cegah Dekadensi Moral Generasi Muda, Laznas Dewan Dakwah KPZ Kediri Wakafkan Media Edukasi Islam ke Sekolah

dewandakwahjatim.com – Salah satu dampak buruk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat serta arus informasi yang begitu deras adalah dekadensi moral generasi muda, tak terkecuali anak usia sekolah.

Dekadensi moral ini berpeluang besar semakin memburuk di masa pandemi ini karena lemahnya efektivitas transfer dan penanaman nilai-nilai akidah dan akhlak Islam dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam jaringan (daring).

Menyikapi hal tersebut Laznas Dewan Dakwah KPZ Kediri bekerja sama dengan Komunitas Cinta Anak Pare Kediri menginisiasi program “Wakaf Media Edukasi Islam: Penguatan Aqidah dan Akhlak” yang merupakan program wakaf perdana Laznas Dewan Dakwah KPZ Kediri (periode 2020-2022) yang lembaga dan susunan kepengurusannya dibentuk pada April 2020.

Ketua Laznas Dewan Dakwah KPZ Kediri, H. Juli Purwanto, S.E., menjelaskan program wakaf ini bertujuan untuk menyediakan media edukasi Islam berkualitas dalam bidang pelajaran aqidah dan akhlak Islam di perpustakaan sekolah.

Hal ini sebagai upaya membentengi anak didik dari dekadensi moral, mengarahkan mereka untuk meneladani akhlak Rasulullah saw, serta meningkatkan tingkat literasi.

“Saya berharap media yang diwakafkan ini bisa berkontribusi dalam upaya pendidikan aqidah dan akhlak Islam, dan memperluas wawasan khazanah Islam para pendidik dan anak didik, sehingga mereka bisa merujuk kepada tarbiyah dan amaliyah akhlak Rasulullah saw,” jelasnya, Kamis (19/8/2021).

Program yang diinisasi Laznas Dewan Dakwah Kediri mendapatkan dukungan dari Ketua DDII Kabupaten Kediri, Dr. Joni Haryanto, dan Ketua Majelis Syuro DDII Kabupaten Kediri, KH. Hasan Nur Yazid, MA.

“Program “Wakaf Media Edukasi Islam: Penguatan Aqidah dan Akhlak” ini sangat positif bagi anak-anak,” kata Dr. Joni.

Program wakaf senilai Rp. 4.020.000 ini digunakan untuk pembelian dua paket media edukasi Islam edisi Lux. Satu dari dua paket ini secara simbolik telah diserahkan Ketua Laznas Dewan Dakwah KPZ Kediri kepada kepala Madrasah Ibtidaiyah Al Ishlahiyah, Suroso, yang berlokasi di Dusun Bobosan Desa Kemiri Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri (Sabtu, 07/08/2021).

Madrasah ini dipilih menjadi penerima pertama dari wakaf media edukasi Islam ini karena beberapa alasan. Pertama, madrasah yang unggul di daerahnya. Kedua, dikhawatirkan para anak didiknya mengalami penurunan prestasi akademik dan terutama aqidah dan akhlaknya di masa pandemi ini bersebab PBM daring.

Ketiga, para anak didiknya berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Keempat, belum lengkapnya media di perpustakaan sekolah. Dan kelima, memerlukan media edukasi berkualitas.

“Kami mengapresiasi bantuan media edukasi Islam ini, dan berharap bisa bermanfaat bagi para pendidik dan anak didik di madrasah,” kata Suroso.

Bantuan media edukasi Islam ini juga diterima SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Empat Mei Kediri (Selasa, 10/08/2021), yang berlokasi di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare.

Kepala SDIT Empat Mei, Nur Hayati mengatakan, meskipun berlokasi di pusat Kecamatan Pare dan merupakan salah satu sekolah unggulan, mereka tetap memerlukan vitamin tambahan dalam pendidikan akidah dan akhlak.

“Kami berharap media edukasi Islam ini bisa meningkatkan minat baca para guru dan murid di sekolahnya,” kata Nur Hayati.

Artikel ini pernah dimuah di mediadakwah.id. dengan n judul: Cegah Dekadensi Moral Generasi Muda, Laznaz Dewan Dakwah KPZ Kediri Wakafkan Media Edukasi lslam ke Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *